Langsung ke konten utama

Merangkai Ulang Isi Blog Ini.

Sebenarnya sudah lama saya ingin menuliskan hal ini. Tentang blog ini. Banyak hal yang telah tertulis di blog ini, tapi rasanya masih ada "sesuatu" yang kurang. Saya masih merasa ada hal yang seharusnya dapat saya lakukan pada blog ini.

Blog ini dapat dikatakan "bukan saya". "Bukan saya" karena isinya bukanlah hal-hal yang berkaitan dengan saya pribadi. Melainkan di luar saya. Sebagian besar isi blog masih menuliskan hal-hal yang tidak saya tulis sendiri. Kebanyakan saya ambil dengan menulis ulang artikel dari media lain. Sepertinya saya masih kurang dalam pendekatan personal.

Yang saya tulis adalah hal-hal yang berkaitan dengan minat. Ambil contoh sepak bola. Dunia sepak bola banyak menghiasi relung pikiran saya. Meski saya bukan pemain sepak bola, bahkan punya bolanya saja tidak, tapi saya tetap menyukai dunia sepak bola. Sepak bola, bagi saya, menarik untuk diikuti karena banyak hal yang dapat kita ambil darinya. Dari perjalanan sebuah tim, tim nasional, stretegi, intrik, individu, hingga teamwork nya.

Kembali ke masalah awal. Masalahnya adalah saya masih sangat kurang dalam menuangkan minat saya ini dalam sebuah tulisan. Saya masih terikat dengan pikiran, "Ah tulisan saya nanti pasti dinilai jelek." Padahal pengunjung blog ini pun tidak pernah ada yang memberi kritikan jelek. Ya maklum saja, ada yang datang untuk membaca pun sudah syukur saya. He..he..he..

Selain karena saya suka menyadur tulisan dari media lain, saya menakuti penilaian orang yang tidak-tidak tentang konten tulisan yang saya tulis. Saya termasuk orang yang banyak berpikir, namun sulit dalam menuangkan pikiran saya dalam realita. Ini juga mungkin yang menjadi masalah dalam pengembangan blog ini.

Setelah mengurai permasalahan itu, saya menjadi sadar. Seharusnya sudah banyak hal yang dapat saya bagi lewat blog ini. Perjalanan hidup hingga detik ini dapat juga di masukkan sebagai bahan tulisan blog. Perjuangan semasa kuliah, KKN, wisuda, kerja magang, mencari kerja dengan kawan dari Thailand, tidak semestinya saya lewatkan tanpa bekas yang tersisa. Lewat tulisan, saya seharusnya dapat menjaga kenangan-kenangan yang telah saya lalui itu. 

Yang jelas tidak semuanya dapat dikatakan baik dan mulus. Tetapi dapat menjadi pelajaran untuk saya kedepannya.

Masa lalu, atau sejarah, mungkin bagaikan sebuah spiral yang selalu terhubung. Ia berputar, dan dapat kembali dari titik awal ia bergerak. Masa lalu, memang tidak akan terulang, tetapi kita dapat terus belajar dari masa lalu. Anda pasti tidak asing dengan pepatah "Keledai tidak akan jatuh di lubang yang sama dua kali". Melalui pepatah itu, saya anggap Keledai sebagai hewan yang bisa belajar setelah ia terjatuh.

Saya ingin merangkai dari awal kembali skema tulisan untuk blog ini. Saya ingin menjadikan blog ini lebih berguna dan "berbunyi". Memang perlu proses yang lama. 

Mungkin suatu saat akan saya petik hikmahnya dari tulisan-tulisan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini