Langsung ke konten utama

Spirit Tiga Dekade

Jika pada minggu lalu tidak ada drama yang terjadi. Yakni antara tim yang gagal mendapat skor pada leg pertama membalikkan keunggulan pada leg kedua. Kini cerita berbeda, khususnya bagi dua klub inggris, Chelsea dan Manchester United. Kedua sempat diragukan lolos, ketika Chelsea hanya mampu bermain imbang 1-1 saat melawat ke kandang Galatasaray, sedangkan Manchester United lebih heroik lagi, pada leg pertama mereka bahkan dipecundangi dua gol tanpa balas oleh tim (yang dianggap) terlemah, Olympiakos.

Sumber: Man. United FB Fan Page

SPIRIT

Tiga puluh tahun yang lalu, Manchester United menuntaskan sebuah misi sulit kala tampil di babak perempat final Piala Winners. Kekalahan 0-2 dari Barcelona di Camp Nou pada leg I membuat kans untuk lolos ke semifinal berat. Namun, siapa sangka, tim asuhan Ron Atkinson mampu membalikkan keadaan.

Red Devils tampil menggila kala berganti menjamu Blaugrana di Old Trafford pada 20 Maret 1984. Brace Bryan Robson pada menit ke-23 dan 50, serta satu gol Frank Stapleton pada menit ke-53, mengantarkan Man. United memetik kemenangan 3-0. Skor agregat 3-2 mengantarkan Robson cs ke babak semifinal.

Seperti tiga dekade silam, Red Devils juga menelan kekalahan dengan skor 0-2 kala melakoni leg I babak 16 besar Liga Champions 2013-2014. Tapi, deja vu membuat sikap optimisme diapungkan Man. United. Keyakinan memetik kemenangan dengan margin minimal tiga gol dalam leg II, Rabu (20/3), mengemuka. "Ini (melakukan comeback, Red) hal yang sulit, tapi kami sangat mampu melakukannya," ujar manajer David Moyes.

Benar saja. Spirit yang ditunjukkan tim Man. United 1983-1984 menjalar ke Wayne Rooney dkk. Sejak awal laga, mereka tampil menyerang dan melancarkan serangan dengan deras ke pertahanan Olympiakos. Striker Robin Van Persie menjadi bintang dengan hat-trick-nya.

Pada menit ke-24, dia dijatuhkan Jose Holebas di kotak terlarang. Hadiah penalti yang dieksekusi Van Persie sendiri menghasilkan gol perdana Red Devils. Pada injury time babak pertama, Van Persie mencetak gol kedua setelah memanfaatkan umpan Ryan Giggs. Gol ketiganya tercipta pada menit ke-53 sehingga skor berubah menjadi 3-0. Sayangnya, menjelang akhir laga, Van Persie harus ditarik keluar karena mengalami cedera hamstring.

Dengan hasil ini, Man. United lolos ke babak perempat final dengan skor agregat 3-2. "Kami tampil bagus dan tidak mengikuti gaya permainan mereka. Kami harus terus menampilkan performa seperti ini," ujar Giggs.
Kegagalan Olympiakos memperpanjang rekor buruktim ini di tanah Inggris. Dalam tujuh lawatan sebelumnya, tim ini selalu tumbang. Khususnya di Old Trafford. Ini merupakan kekelahan ketiga bagi Olympiakos.

REUNI DROGBA

Sukses Man. United mengikuti jejak wakil Inggris lainnya, Chelsea. Sehari sebelumnya, The Blues meraih tiket perempat final dengan menyingkirkan wakil Turki, Galatasaray. Ini menjadi laga emosional bagi The Blues. Pasalnya kubu lawan diperkuat pemain yang pernah berjasa besar mengantarkan Chelsea menjuarai Liga Champions 2011-12, Didier Drogba.

Sayangnya, kehadiran Drogba tidak memberikan banyak manfaat bagi Galatasaray. Pada laga itu, dia tidak menebarkan banyak ancaman ke gawang Petr Cech. Imbasnya, Galatasaray gagal mencetak gol. Sebaliknya, Chelsea malah mampu mencetak dua gol melalui Samuel Eto'o dan Gary Cahill sehingga unggul agregat 3-1 atas lawannya.

"Kami berhasil melaju ke-8 besar bersama tim-tim terbaik lainnya. Pemain kami layak mendapatkan itu," ujar Mourinho. "Saya pikir kesulitan terbesar Drogba adalah cara bermain timnya. Susah bagi striker untuk mencetak gol jika tidak mendapat dukungan dari tim. Ini membuatnya harus bekerja sendirian."

Sumber : Real Madrid FB Fan Page

Pada laga lain, keberhasilan memetik kemenangan di kandang lawan pada leg I menjadi kunci Real Madrid dan Borussia Dortmund untuk lolos ke perempat final. Madrid yang unggul 6-1 di kandang FC Schalke 04 tidak kesulitan meraih kemenangan di Santiago Bernabeu. Berkat hasil 3-1, Los Blancos pun lolos dengan skor agregat spektakuler 9-2.

Akan tetapi kemenangan ini mesti dibayar mahal. Madrid mesti kehilangan salah satu strikernya, Jese Rodriguez, yang mengalami cedera lutut parah. Dia diperkirakan absen hingga akhir musim. "Ini kabar buruk karena dia sangat penting bagi kami pada masa mendatang," ujar penyerang Cristiano Ronaldo.

Bagi Dortmund kemenangan 4-2 di markas Zenit St. Petersburg juga menjadi modal kelolosan. Sebab, saat menjamu lawan yang sama di Signal Iduna Park, Die Schwarzgelben menelan kekalahan 1-2.

Dimas Y. Langgeng | Adit | Soccer 37/XIV

Komentar

Postingan populer dari blog ini