Langsung ke konten utama

Kala Profesor Tercenung

Di kediamannya kini, Sir Alex Ferguson pantas tersenyum usai melihat warisannya tampil maksimal membantu penerusnya, David Moyes. Beberapa jam sebelumnya, Fergie boleh jadi sudah tersenyum kecil. Calon pemecah rekor miliknya tersudut.


Manchester United memulai musim bersama Moyes dengan penampilan meyakinkan. Pada Sabtu (17/8), Robin van Persie dan Danny Welbeck sama-sama memberikan dua gol di Liberty Stadium. Wayne Rooney menyumbangkan dua assist sebagai pemain pengganti. Swansea hanya bisa menarik hal positif dari gol Wilfried Bony, rekor pembelian mereka.

"Laga ini hanya satu dari sekian banyak musim ini dan baru awal buat saya. Jalan masih panjang. Takkan ada perayaan besar," ucap Moyes dikutip Sky Sports.

Moyes tahu persis beban di pundaknya sangat besar. Selama 27 tahun, Sir Alex membanjiri United dengan kesuksesan. Perihal lama penanganannya di sebuah klub selama era Premier League, rekor Fergie terlihat hanya mungkin dipatahkan Arsene Wenger. di Arsenal.
Aha, Arsene. Masa pengambdian orang Prancis ini  bisa terhenti lebih cepat. Arsenal, yang disebut bisa menjadi penantang gelar musim ini, ditekuk Aston Villa. Lokasi kejadiannya di Emirates Stadium pula.

Olivier Giroud, pencetak dua gol dalam uji coba di SUGBK bulan lalu, mencetak gol pada menit keenam. Namun, Aston Villa berbalik unggul lewat gol Christian Benteke, dan terjadi sebelum kartu merah Laurent Koscielny pada menit ke-67. Antonio Luna, bek anyar yang didatangkan Villans dari Sevilla, meluluhlantakkan The Gunners.

Wenger meminta maaf setelah laga. Manjurkah apologia segera itu? Ternyata tidak juga.

Arsenal Supporters Trust (AST) sampai pada kesimpulan bahwa Wenger tak layak mendapat perpanjangan kontrak seperti yang diisyaratkan pihak klub lewat chief executive, Ivan Gazidis.

"Kami yakin memperpanjang kontrak Wenger adalah langkah yang tak pantas. Semua fokus mesti ditujukan kepada sisa hari di bursa transfer untuk memperkuat tim secara signifikan. Klub ambisius menanamkan uang yang mereka dapatkan dari fans, kadang-kadang dari pemilik, untuk memperkuat diri," demikian pernyataan AST, mengisyaratkan pula kegerahan fans kepada kegagalan dalam pertarungan di luar lapangan.

CUKUP SOAL MOURINHO

Pada saat yang hampir bersamaan dengan kemurungan Gunners, Liverpool juga menang, bahkan berkat kontribusi besar pemain baru. Gol Daniel Sturridge tetap menjadi gol tunggal laga di Anfield setelah Simon Mignolet menahan penalti Jon Walters.


Mignolet adalah salah satu pemain anyar Si Merah pada musim panas ini. Arsenal bukan tanpa anak baru pada musim panas, tapi Yaya Sanogo, selain hanya menghangatkan bangku cadangan saat melawan Villa, belum menjelma menjadi pemain level atas dibutuhkan untuk mengangkat tim hingga berprestasi.

Jangan lupa juga, penyerang berusia 20 tahun itu digamit tanpa biaya transfer alias gratis dari Auxerre. Padahal, klub London Utara itu sudah berkoar akan menghamburkan banyak uang dari yang mereka miliki. AST memperkirakan dana transfer Gunners berada di kisaran 70 hingga 100 juta pound.

Luis Suarez masih mungkin pindah dari Liverpool ke Arsenal. Namun, tanpa penyeranag kontroversial itu, Si Merah sudah mencetak hasil lebih baik dibandingkan The Gunners.

Arsenal praktis menjadi favorit tunggal yang merana. Masa depan Wenger di Arsenal tampak buram lagi melihat lima rival meraup poin penuh.

Jose Mourinho melewati debut kedua dengan kemenangan atas Hull. Oscar dan Frank Lampard menyumbang gol dengan Lamps membayar kegagalan mengeksekusi penalti pada awal babak pertama.

Mou mengaku tersentuh atas penerimaan publik Stamford Bridge. "Fantastis. Sesuatu yang tak terlupakan. Penerimaan ini membuat saya berpikir telah membuat keputusan tepat kembali ke sini. Saya adalah bagian dari mereka. Namun, saya pikir cukup. Saya ingin tim saya didukung. Cukup soal Mourinho dan dukunglah Chelsea," ucap pelatih asal Portugal itu.

Kehangatan serupa untuk bos sedang hilang di Emirates. London, terutama di bagian utara, sedang sumringah tapi di tempat lain. Tottenham Hotspur pulang dari Crystal Palace dengan poin penuh lewat penalti striker baru, Roberto Soldado.

Sehari setelah menang pada Ahad, Manchester City juga bergabung dengan favorit yang membukukan tiga angka. Debut mengesankan untuk Manuel Pellegrini. The Citizens mengempaskan Newcastle  empat gol tanpa balas. The Magpies sementara itu, mencak-mencak terhadap pendekatan Arsenal untuk mendapatkan Yohan Cabaye.. Menurut Jamie Carragher, langkah pendekatan itu menunjukkan kepanikan Wenger.


Tulisan ini adalah kliping dari rubrik milik Christian Gunawan, Mingguan BOLA (22/8). Menarik bagi saya untuk mencatat kembali karena berkaitan dengan kekalahan Arsenal di laga perdana Premier League 2013-2014. Semoga catatan selanjutnya tidak hanya cerita duka dari Arsenal. Selamat Membaca.

 Dimas | 26 Agustus 2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini