Langsung ke konten utama

Kilas Peristiwa Januari - Kecelakaan, Narkoba & Korupsi



01 – Kecelakaan Maut Sang Anak Pejabat

 

Kelalaian berlalu lintas kembali terjadi. Kali ini dialami oleh putra Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa, Muhammad Rasyid Amrullah. Mobil BMW hitam B 272 HR yang dikendarai Rasyid menabrak mobil Daihatsu Luxio hitam berplat nomor F 1622 CY di kilometer 3.350 di tol Jagorawi pukul 05.45 WIB. Akibatnya dua penumpang Luxio, yaitu Harun (57 tahun) dan M. Raihan (14 bulan) meninggal di lokasi kejadian. Rasyid ditetapkan menjadi tersangka dalam kejadian itu.

05 – Ambisi lebih pak Menteri


Belum hilang ingatan masyarakat dari kejadian kecelakaan maut putra bungsu Hatta Radjasa, kali ini kecelakaan maut kembali menimpa sosok penting negeri ini. Kali ini Menteri Badan Usaha Milik Negera Dahlan Iskan mengalami kecelakaan saat melakukan uji coba mobil listrik Tucuxi di lereng timur Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Dahlan dan Ricky Elson, yang mendampingi Dahlan menguji coba Tucuxi, selamat.

Mengetahui hal tersebut, Kementerian Perhubungan menyatakan mobil listrik Tucuxi belum mengantongi izin untuk melakukan uji coba kendaraan. "Kami belum pernah menerima pengajuan izin apa pun untuk menguji Tucuxi," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan, Ahad, 6 Januari 2012.

07 – Messi Quatrick Pemain terbaik dunia


Lionel Messi mendapatkan predikat pemain terbaik dunia tahun 2012. Mega bintang Barcelona itu memenangi persaingan dari bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo dan rekan setimnya Andres Iniesta. Penghargaan yang diberikan di Kongresshaus, Zurich ini juga mengukuhkan nama Lionel Messi di daftar peraih Ballon d’Or terbanyak yakni empat kali secara beruntun.

Lionel Messi mendapatkan 41,6 persen suara, jauh meninggalkan peroleh suara Cristiano Ronaldo dengan 23,68 persen suara dan Andres Iniesta dengan 10,91 persen suara. Musim lalu Lionel Messi memang hanya dapat membawa klubnya menjadi juara Copa Del Rey, namun Messi sukses memecahkan rekor pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender, 91 gol. Messi melewati rekor 85 gol legenda Jerman Gerd Muller yang telah bertahan 40 tahun!

Penghargaan sebagai pemain terbaik dunia empat kali beruntun, mengukuhkan nama Messi sebagai legenda besar sepak bola. Belum pernah ada pemain lain yang mampu mencapai pencapaian yang diperoleh Messi. Messi melewati legenda sepak bola lainnya, seperti Johan Cruyff (1971, 1973, 1974), Michel Platini (1983, 1984, 1985), dan Marco Van Basten (1988, 1989, 1992).

08 – Mahkamah Konstitusi Hapus Status RSBI/SBI


Mahkamah Konstitusi (MK) kembali membuat keputusan mengejutkan. Selasa (8/12) Ketua MK Mahfud M.D. dan para hakim lain memutuskan menghilangkan status rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). RSBI dianggap bertentangan dengan UUD 1945. Dengan demikian, secara otomatis nasib 1300 RSBI dan SBI berubah menjadi sekolah biasa.

Dalam sidang, MK membatalkan pasal 50 ayat 3 UU Sisdiknas no 20 tahun 2003 tentang RSBI. Hal ini dilakukan karena
bertentangan dengan UUD 1945, diataranya karena mengikis kebanggaan atas bahasa dan bangsa Indonesia serta melegalkan perbedaan perlakuan pemerintah dalam mengembangkan kualitas sekolah.

Beberapa alasan SBI-RSBI dibubarkan:

  1. Penggunaan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar tiap mata pelajaran dapat mengikis jati diri bangsa, melunturkan kebanggaan generasi muda terhadap penggunaan dan pelestarian bahasa indonesia sebagai alat pemersatu bangsa.
  2. Perbedaan sekolah SBI-RSBI dengan sekolah non-SBI/RSBI akan melahirkan perlakuan yang berbeda dalam hal sarana dan prasarana, pembiayaan maupun output pendidikan termasuk juga terhadap siswanya.
  3. Mahalnya program SBI-RSBI cenderung hanya keluarga kaya, sehingga bertentangan dengan prinsip konstitusi menjadikan penyelenggaraan pendidikan sebagai tanggung jawab negara.


09 – Le Luong Minh, Sekjen baru ASEAN


Le Luong Minh, Sekjen baru ASEAN. Mantan wakil menteri luar negeri Vietnam ini resmi menjadi Sekretaris Jenderal ASEAN yang baru, menggantikan Surin Pitsuwan. Le akan menjalani masa jabatan hingga 2017.

Le dalam pidatonya berjanji akan meneruskan pencapaian ASEAN selama 46 tahun terakhir, sekaligus menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapai seperti program menuju ASEAN menjadi komunitas pada 2015.

Le juga mendorong negosiasi Code of Conduct perihal Laut Cina Selatan untuk segera dapat dilaksanakan. Di bidang ekonomi, Lee mendorong aliran investasi, modal, tenaga kerja, barang, dan jasa lebih terbuka.

"Kita harus memaksimalkan persamaan dan meminimalkan perbedaan untuk menjamin bahwa hal tersebut bisa menambah nilai bagi setiap negara anggota ASEAN," katanya.

14 – Persiapan Pemilu dimulai

Partai politik (Parpol) peserta pemilihan umum 2014 resmi mendapatkan nomor urut. Partai Nasional Demokrat mendapat nomor urut pertama. Sementara itu, partai Hati Nurani Rakyat yang memperoleh parlementary treshold terendah pada pemilu 2009 lalu mendapat nomor terakhir atau sepuluh.
Berikut nomor parpol peserta pemilu 2014
1 – Partai Nasional Demokrat
2 – Partai Kebangkitan Bangsa
3 – Partai Keadilan Sejahtera
4 – Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia
5 – Partai Golongan Karya
6 – Partai Gerakan Indonesia Raya
7 – Partai Demokrat
8 – Partai Amanat Nasional
9 – Partai Persatuan Pembangunan
10 – Partai Hati Nurani Rakyat

17 – Jakarta Banjir

Jakarta lumpuh. Air melimpas dan  merendam Bundaran Hotel Indonesia, landmark Jakarta. Jalan-jalan utama, dari Jalan Sudirman hingga Thamrin, berubah menjadi sungai. Bah menjangkau kantor Jokowi di Balai Kota, lalu menembus kompleks Istana Kepresidenan. Transportasi massal tak bisa dioperasikan: lima stasiun kereta terendam, kegiatan Bus Transjakarta dihentikan.

Gubernur menetapkan Jakarta dalam status tanggap darurat hingga 27 Januari. Bencana banjir ini menjadi salah satu persoalan yang mesti ditangani gubernur baru Jokowi-Basuki, selain jalan tol dalam kota, MRT, dan monorel.

21 – Pelantikan kedua Barack Obama

Presiden Amerika Serikat Barack Husein Obama dilantik sebagai presiden Amerika untuk kedua kalinya. Obama akan menjadi Presiden Amerika kedua yang membacakan sumpah jabatan sebanyak empat kali setelah Franklin Delano Roosevelt.

Kenapa Obama bisa membaca sumpah sebanyak empat kali?

Pada saat Obama dilantik untuk masa jabatan pertama 2009, Hakim Agung John Roberts salah membacakan kata-kata dalam sumpah jabatan yang kemudian diulangi oleh Obama.

Ternyata di balik layar, ajudan Obama meminta Hakim Roberts untuk kembali datang ke Gedung Putih untuk mengulangi pembacaan sumpah jabatan tanpa kesalahan kata. Jadi di masa jabatan pertama, Obama dua kali mengucapkan sumpah.

Nah, dalam pelantikan untuk masa jabatan kedua, Obama juga akan melakukannya dua kali. Penyebabnya adalah masalah tanggal.

Sesuai amandemen ke-20 konstitusi AS maka masa jabatan seorang presiden habis pada tengah hari 20 Januari. Namun, sesuai tradisi, jika tanggal itu jatuh pada hari Minggu, maka presiden harus mengambil sumpah untuk kedua kalinya di muka publik pada hari berikutnya.

Pembacaan sumpah pertama Minggu (20/1/2013), kembali dengan Hakim Agung John Roberts, dalam sebuah upacara pribadi yang hanya dihadiri keluarga terdekat Presiden Barack Obama dan disiarkan langsung dari Ruang Biru Gedung Putih.

Kali ini tak terjadi kesalahan dan semua prosesi itu selesai dalam waktu kurang dari satu menit.

Pada Senin (21/1/2013), Obama kembali akan mengambil sumpahnya. Dia akan mengangkat tangan kanannya dan meletakkan tangan kirinya di atas kitab suci yang pernah dimiliki Presiden Abraham Lincoln dan pahlawan pergerakan kulit hitam Martin Luther King. Dan, Obama akhirnya mengucapkan sumpah jabatan keempatnya.

Pada masa jabatan keduanya, Obama dihadapkan pada tantangan rumit. Masalah yang utama adalah memulihkan kembali perekonomian Amerika yang semakin terpuruk.

24 – Pelatih Persebaya berpulang

Cerita duka kembali menyelimuti persepakbolaan dalam negeri. Setelah kisah Diego Mendieta, kali ini pelatih Persebaya Surabaya, Miroslav Janu meninggal dunia. Serangan jantung menghentikan petualangannya sebagai pelatih di Indonesia selama 8 tahun ini. Pelatih asal Republik Ceko ini menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Islam Jemursari, Surabaya.

27 – 28 – Azarenka dan Djokovic terbaik

Pemuncak tangga tenis dunia pria Novak Djokovic dan putri Victoria Azarenka berhasil menjadi yang terbaik di Grand Slam Australia Terbuka. Turnamen awal tahun ini menasbihkan keduanya menjadi raja dan ratu dunia tenis saat ini. Djokovic berhasil menghentikan perlawanan Andy Murray (Inggris) dengan skor 6-7, 7-6, 6-3, 6-2, sedangkan Azarenka mengandaskan perlawanan petenis asal Cina, Li Na dengan skor 4-6, 6-4, 6-3.

Kemenangan ini berhasil membuat Djokovic mempertahankan gelar Grand Slam Australia Open untuk tiga kali berturut-turut (2011, 2012, 2013). Azarenka mempertahankan gelar serupa untuk dua tahun beruntun (2012, 2013).

27 – Artis dan Narkoba

Badan Narkotika Nasional menggerebek rumah artis Raffi Ahmad di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dalam penggerebekan itu ditemukan dua linting ganja dan 14 butir narkotika jenis MDMA. Raffi Ahmad ditangkap dengan 16 orang lainnya, termasuk Politisi Partai Amanat Nasional Wanda Hamidah dan pasangan artis Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

Pada pemeriksaan pada tanggal 29 Januari, Irwansyah dan Zaskia Sungkar dibebaskan karena tidak terbukti menggunakan narkoba dan keesokan harinya gantian Wanda Hamidah yang dibebaskan. Raffi Ahmad sendiri dinyatakan positif menggunakan narkoba bersama ketujuh orang lainnya.

30 – Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ditangkap KPK

Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap impor daging oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat di Komisi I itu ditangkap di kantor Dewan Pimpinan Pusat PKS dan dibawa ke KPK untuk menjalani pemeriksaan.

Selain Luthfi Hasan Ishaaq, KPK juga menangkap orang dekat Luthfi, Ahmad Fathanah serta dua direktur PT Indoguna, yakni Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi. Luthfi dan Ahmad diduga menerima suap dari dua direktur PT Indoguna tersebut terkait kebijakan impor sapi.

Selama ini, PKS selalu membanggakan partainya yang bersih dalam kasus korupsi. Sejak partai ini didirikan, memang tidak ada satu pun anggota partai yang masuk bui dalam kasus korupsi. Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq merupakan orang pertama yang menorehkan catatan baru ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini