Langsung ke konten utama

Ba Meraih Mimpi

Demba Ba menuai mimpi masa kecilnya bermain di klub papan atas dunia. Mimpi itu menjadi kenyataan setelah Ba menempuh jalan panjang dan berliku. Di awal kariernya, Ba pernah ditolak oleh delapan klub saat menginginkan kontrak tetap. Ba pernah melarat, hanya makan kripik saat merantau ke Inggris.


Ba (27) tak membuang kesempatan saat Chelsea menginginkan dirinya. Ba menanti momen ini belasan tahun. Pemain asal Senegal itu meninggalkan Newcastle United untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.

Ia resmi pindah ke Stamford Bridge, Jumat pekan lalu, dengan nilai transfer 7,5 juta pounds. Sehari kemudian, Ba menjalani debut sempurna bersama Chelsea, mencetak dua gol saat mengandaskan Southampton, 5-1, di putaran ketiga Piala FA.
 
Ba diharapkan menjadi mesin gol di Chelsea, seperti yang dia lakukan di Newcastle, 29 gol dalam 58 laga. "Saya pikir, saya belum pernah menjalani debut seperti ini sebelumnya. Itu debut yang sangat bagus dan saya senang," ujar Ba.
 
Berlabuh di Chelsea merupakan pencapaian terbesar Ba. Awal karier Ba dipenuhi kekecewaan. Ia pernah ditolak Lyon, Auxerre, Barnsley, Watford, Gillingham, dan Swansea. Ia juga pernah tidak lolos tes kesehatan di Stuttgart dan Stoke City.

Ba pernah magang di Lyon dan Auxerre pada 2004, tetapi gagal mendapat kontrak. Ia lalu mencari peruntungan di Inggris. Ba ditolak oleh Watford. Barnsley juga menolaknya setelah uji coba selama sepekan.
 
Ba diinapkan di hotel bagus saat tes di Barnsley selama sepekan. Kekacauan timbul saat dia akan meninggalkan hotel. "Petugas hotel mengatakan, klub telah membayar kamar, tetap kami harus menanggung biaya makanan," ujar Ba.
 
Ba dan temannya tidak punya uang sepeser pun. Mereka lolos dari masalah setelah dipinjami 500 pounds untuk membayar tagihan oleh agen pemain. "Sejak itu, hanya makan kripik dan minum air putih," kata Ba.
 
Ia lalu memutuskan kembali ke Perancis setelah ditolak Swansea dan Gillingham. Ba bergabung dengan klub divisi empat Perancis, Rouen, dan mencetak 22 gol dalam 26 laga. Ketajaman mengantar Ba klub Mouscron (Belgia). Pada 2007, dia ke Jerman memperkuan Hoffenheim sebelum bergabung dengan West Ham United dengan kesepakatan gaji per penampilan sebelum direkrut Newcastle United pada 2011.
 
"Saya menempuh jalan panjang, tidak selalu mudah. Namun, itu membantu saya berkembang. Saya memanfaatkan kualitas rekan-rekan setim. Akan lebih mudah di Chelsea dengan banyak pemain bagus," ujarnya.
 
Ia juga berpesan kepada Fernando Torres bahwa mereka harus bersaing. "Setiap tiba di klub baru, saya selalu jadi cadangan penyerang. Dan, setiap kali melalui kerja keras, saya mengambil kesempatan saya," ujar Ba.

Dimas YL

Komentar

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan sumber saya menuju tulisan yang lebih baik.

Postingan populer dari blog ini