Langsung ke konten utama

Gol Tunggal Jiracek, hempaskan Polandia


Petr Jiracek merayakan kemenangan setelah timnya menyingkirkan Polandia pada laga pamungkas Grup A Euro 2012 semalam (foto: Eufa.com)

Gol tunggal Petr Jiracek berhasil mengantarkan Rep. Ceko lolos ke perempat final setelah mengalahkan Polandia di Municipal Stadium, Wroclaw semalam.

Rep. Ceko tidak banyak diperhitungkan pada gelaran Euro kali ini. Pada laga pembuka lalu, Rep. Ceko justru keok dengan skor 4-1 dari Rusia. Seiring waktu berjalan, anak-anak asuhan Michal Bilek berhasil membalikkan tanggapan publik dengan memimpin grup A diikuti Yunani yang berhasil mengalahkan Rusia pada pertandingan sebelumnya.

Babak Pertama

Permainan berjalan ketat pada babak pertama. Polandia langsung mengambil inisiatif menguasai lini tengah lapangan. Peluang pertama bagi Polandia pada menit ke-3 berawal dari free-kick Obraniak, tercipta kemelut di muka gawang Ceko. Dudka yang terlepas dari penjagaan mampu menembak bola, namun masih melebar.

Menit ke-22, sepakan Boesnich masih melebar di sisi gawang Petr Cech. Peluang Polandia kembali terbuang sia-sia. Hingga penghujung babak pertama, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Babak kedua, Ceko lebih mengambil inisiatif menyerang. Sebuah serangan dari sisi kiri yang dilancarkan Limberski mampu merepotkan lini Perquis dkk. Sayang bola hasil sepakan keras winger Ceko itu masih tipis di sisi gawang.

Menit ke-72, melalui assist Milan Barros, Petr Jirácek membungkam publik tuan rumah usai sepakan jarak dekatnya menembus jala Polandia. Sebelum menembak, winger Ceko itu sempat mengecoh satu defender Polandia. Skor 1-0 untuk Rep. Ceko.

Hingga wasit Craig Thompson meniupkan peluit berakhir, skor tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan Rep. Ceko.

Pengunduran Diri

Sesaat setelah kekalahan ini, pelatih Polandia Franciszek Smuda mengundurkan diri dari jabatannya. Meski begitu, Smuda mengklaim pengunduran dirinya semata-mata karena kontraknya akan habis setelah Piala Eropa ini berakhir.

“Saya tidak perlu mengundurkan diri, kontrak saya akan segera habis, jadi saya rasa tidak perlu mengajukan surat pengunduran diri,” jelasnya setelah laga kontra Ceko berakhir.

Setelah tiga tahun menangani skuat Biale-orly, Smuda menilai anak-anak asuhnya telah mengalami banyak kemajuan.

“Saya rasa tim ini berhasil melakukan kemajuan besar, dan saya pikir mereka bisa mengulanginya jika penyisihan kembali digelar.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini