Langsung ke konten utama

Kaleidoskop Luar Negeri 2011

JANUARI

14 - Presiden Tunisia, Ben Ali mundur dari jabatan dan melarikan diri ke Arab Saudi. Peristiwa ini berkaitan dengan krisis politik yang terjadi pada negara-negara Arab.

FEBRUARI

11 - Presiden Mesir Husni Mubarak mengundurkan diri setelah berkuasa selama 30 tahun. Dia menjadi pemimpin kedua yang mundur dari jabatannya dalam krisis Arab.

16 - Awal unjuk rasa Libya mendesak Moammar Khadafy mundur. Pergolakan di Libya melibatkan NATO yang membantu pemberontak menggulingkan rezim Khadafy.

MARET

11 - Jepang dilanda gempa dasyat berkekuatan 8,9 skala Richter (SR) yang disusul tsunami setinggi 10 meter. Jumlah korban meninggal mencapai 10.035 orang hingga 23 maret 2011.

APRIL

29 - Pernikahan sensasional tahun ini, antara Pangeran William dan Kate Middleton di London.

MEI

01 - Osama bin Laden, pemimpin kelompok Al Qaeda tewas dalam operasi rahasia oleh pasukan khusus AS di kota Abbotabad, Pakistan.

JUNI

16 - Ayman Al-Zawahiri ditunjuk sebagai pemimpin baru Al Qaeda. pemberitaan tersebut berdasarkan situs-situs website jihad, khususnya Jihadist websites

JULI

20 - PBB menyatakan telah terjadi kelaparan di dua daerah di Somalia Selatan yang menyebabkan puluhan ribu warga tewas.

AGUSTUS

06 - Kerusuhan sosial yang diikuti penjarahan terjadi di Kota London, Inggris. Peristiwa ini terjadi pada kawasan multietnik di Distrik Tottenham dan menjalar ke seluruh kota di Inggris.

SEPTEMBER

13 - Pembebasan dua pria Amerika Serikat yang dituduh sebagai mata-mata dan telah divonis 8 tahun penjara oleh Iran.

OKTOBER

05 - Pendiri dan mantan CEO Apple Steve Jobs meninggal dunia akibat penyakit kanker yang menggerogotinya. Penggagas gadget-gadget canggih ini dikenang sebagai jenius dalam dunia teknologi.

08 - Banjir bandang melanda 60 provinsi di Thailand termasuk Ibukota Bangkok.

20 - Pemimpin Libya Moammar Khadafy tewas dalam penyergapan pasukan pemerintahan transisi di kota Sirte, Libya.

31 - Menurut PBB, 31 Oktober sebagai tonggak baru populasi umat manusia di dunia terjadi. Jumlah umat manusia akan melebihi 7 milliar jiwa pada 31 Oktober.

NOVEMBER

12 - Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi mundur setelah berkuasa selama 17 tahun.

DESEMBER

12 - Perak Irak resmi berakhir. Peristiwa ini ditandai dengan penarikan pasukan AS dari Irak. Perang Irak berlangsung selama 8 tahun 8 bulan 26 hari.

17 - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il meninggal. Tongkat kepemimpinan dilanjutkan oleh putra bungsunya, Kim Jong Un.

Komentar

Postingan populer dari blog ini