Langsung ke konten utama

Messi Menghadang Ronaldo Lagi?

Ada lebih dari 20 pemain yang masuk nominasi Ballon d'Or 2013. Bahkan, jangka waktu voting pun diperpanjang oleh FIFA hingga 29 November. Dari jumlah nama itu, akan tersaring tiga pemain. Namun, hingga saat ini, siapa pun yang berhak memilih tiga nama tersebut, hanya terpaku pada dua nama: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Kalaupun ada nama ketiga - yang santer disebut adalah Franck Ribery - hanyalah sebagai pelengkap kuota.


Ronaldo menjadi calon penerima Ballon d'Or terkuat, terutama setelah ia membawa Portugal lolos ke Piala Dunia 2014, melalui play-off melawan Swedia. Hattrick yang dibuatnya di Solna menjadi petanda betapa hebatnya kapten Portugal itu tahun ini. Bahkan bintang Swedia, Zlatan Ibrahimovic, tidak segan untuk memberinya aplaus.

Hattrick itu terjadi pada saat yang tepat, ketika Portugal membutuhkan pemain yang cocok untuk partai penting, Ronaldo pun muncul. Penampilan bersama Portugal, plus Real Madrid, lantas menimbulkan pertanyaan: pantaskah Ronaldo menjadi Pemain Terbaik Dunia versi FIFA?

Kalau berdasarkan statistik, Ronaldo berhak untuk itu. Sejak bergabung dengan Real Madrid, ia telah membuat 225 gol dalam 216 pertandingan. Memang menakjubkan, namun Ronaldo selalu punya satu masalah: Lionel Messi.

Pemain genius dari Argentina itu selalu menghadang Ronaldo. Empat kali sudah Messi merain Ballon d'Or. Namun, pada 2013, semua berubah. Messi mengalami sejumlah cedera. Dalam satu tahun kalender sejauh ini, Ronaldo telah membuat 66 gol dalam 55 penampilan, sementara Messi 43 gol dari 44 partai.

Walau punya statistik lebih mengesankan, toh Ronaldo tetap khawatir. Ia mengaku tidak ngoyo untuk menjadi yang terbaik sejagat raya, namun ia tetap memandang favoritisme FIFA, yang ditunjukkan oleh Sepp Blatter, akan menghalanginya untuk merebut gelar itu, sekali lagi.

Blatter memang kontroversial. Ketika ditanya oleh para mahasiswa  tentang Messi dan Ronaldo, saat mengikuti debat di Universitas Oxford, Blatter menyahut: "Yang satu lebih banyak menghabiskan waktu di salon dibanding yang lainnya, namun saya tidak bisa mengatakan siapa yang terbaik. Saya menyukai keduanya, namun saya lebih memilih Messi."

Menurut Huffington Post, Blatter lantas mendapatkan surat keberatan dari Real Madrid. Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, juga membela pemainnya.

"Kata-kata Blatter itu menunjukkan kurangnya respek pada seorang pemain yang sangat serius dan profesional," kata Ancelotti.

Ronaldo juga bereaksi marah. Melalui Twitter dan Facebook, Ronaldo memuat rekaman video ketika Blatter bercanda tentang dirinya. Ia juga menulis: "This video shows the respect and consideration that FIFA has for me, my club, and my country. Much is explained now. I wish Mr. Blatter health and a long life, with certainty that he'll continue to witness the successes of his favorite teams and players."

Membalas lewat Twitter kepada Ronaldo, Blatter menulis: "I apologize if you were upset by my light-hearted answer at a private event on Friday."

Selain itu, Blatter juga menulis surat terbuka kepada Madrid, mengklaim bahwa Messi dan Ronaldo berada pada level yang sama. Meski demikian, the damage is done. Presiden FIFA asal Swiss itu telah menyebutkan pemain favoritnya: Lionel Messi.

Pantas dinanti, apakah Messi dan Ronaldo memang bisa masuk dalam tiga besar calon pemain terbaik dunia. Ataukah ada pemain lain yang lebih pantas di mata para pelatih dan kapten tim nasional seluruh dunia itu.

Menarik juga untuk dinanti hasil undian Piala Dunia 2014 mendatang. Alangkah ramainya kalau Argentina dan Portugal berada dalam satu grup. Hal itu bisa saja terjadi, karena kedua negara berada dalam dua pot undian yang berbeda.

DIAN SAVITRI | MINGGUAN BOLA 28 NOV-4 DES | DIMAS Y. LANGGENG

Komentar

Postingan populer dari blog ini